Cara Sederhana Menilai Kinerja Rantai Pasokan

Kinerja rantai pasokan yang ada saat ini harus bisa dinilai serta kita pun harus bisa melihat apakah kinerja tersebut telah ditingkatkan.

SCM Measurement

Secara garis besar, ada dua cara yang bisa dipakai untuk menilai kinerja rantai pasokan, yaitu secara obyektif dan secara subyektif. Penilaian yang obyektif dilakukan berdasarkan fakta yang ada, sebaiknya dalam bentuk angka. Untuk dapat menilai secara objektif, kita harus mampu membuat suatu cara penilaian terhadap aliran fisik dan aliran informasi. Aliran fisik bisa dilakukan salah satunya dengan cara menilai kinerja pengiriman barang/material, yaitu kita harus mencatat semua permintaan barang/material, kapan barang/material tersebut diterima, kapan barang/material tersebut dikirim, apakah ada pesanan yang tidak terkirim, dan lain-lain. Aliran informasi dapat dinilai dengan cara mencatat semua informasi baik yang menyangkut permintaan, pengiriman, pengembalian atau informasi apapun yang berhubungan dengan aliran fisik barang/material.

Penilain secara subyektif dilakukan untuk menilai hal-hal yang tidak bisa dilakukan secara obyektif. Salah satu contoh adalah pandangan atau persepsi orang yang tidak bisa didukung dengan data fisik pendukung, termasuk diantaranya adalah penilaian kepuasan pelanggan yang dilakukan melalui survei dengan beberapa cara misalnya secara kuisioner atau wawancara langsung.

Dengan kedua cara tersebut di atas, kita kemudian bisa membuat suatu matriks penilaian yang berfokus kepada kinerja eksternal dan kinerja internal. Kinerja eksternal adalah kinerja yang dilakukan untuk pelanggan/konsumen serta kinerja dari semua link yang ada dalam rantai pasokan tersebut. Kinerja internal adalah untuk melihat efisiensi proses kerja, khususnya dalam masalah biaya untuk semua proses yang dilakukan.

Berikut adalah cara penilaian sederhana untuk kinerja eksternal:

1. Pelayanan Pelanggan (Customer Service), yang dinilai antara lain:

  • Persentasi permintaan dan pemenuhannya. Definisi yang dipakai di sini adalah ketepatan waktu dan kondisi barang/material. Apakah pemenuhan permintaan tersebut dilakukan tepat waktu atau dapat juga dipenuhi sebelum waktunya. Apakah semua permintaan dapat dipenuhi dan tidak ada kesalahan, misalnya jumlah sesuai dengan permintaan, label yang diminta telah sesuai, tidak ada barang yang rusak, dan lain-lain.
  • Kualitas pelayanan yang diberikan. Termasuk di sini adalah informasi yang diberikan kepada pelanggan mengenai status barang/material yang diminta.
  • Fleksibilitas yang diberikan.

2. Kinerja link yang ada dalam rantai pasokan.

  • Bagaimana hubungan dengan link yang ada. Jika link lain yang ada mempunyai pandanngan dan cara yang berbeda dalam pengaturan dan penilaian kinerja maka hal ini bisa sangat mempengaruhi keseluruhan kinerja dari rantai pasokan ini.

Cara penilaian sederhana untuk kinerja internal

Memberikan layanan pelanggan yang baik juga harus dilakukan secara efisien. Jika murni terlalu berfokus pada pengukuran dan pengelolaan layanan pelanggan dapat menyebabkan inefisiensi dan biaya yang tidak perlu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dipakai untuk mengukur efisiensi biaya dalam proses rantai pasokan:

  1. Total biaya.  Jumlah dari semua biaya termasuk biaya untuk semua orang/karyawan yang terlibat.
  2. Biaya inventori. Berapa total biaya yang dikeluarkan untuk inventori di semua tahap dalam rantai pasokan.
  3. Nilai inventori. Berapa nilai dari inventori yang ada dalam semua tahap.
  4. Biaya manajemen pesanan. Berapa keseluruhan biaya yang timbul dalam proses dan pengaturan pesanan.
  5. Biaya untuk “limbah”. Semua biaya yang dikeluarkan untuk mengatur, mengembalikan dan memusnahkan barang/material yang disebabkan oleh beberapa alasan tidak terpakai. Misalnya barang yang tidak sesuai pesanan, barang rusak, atau barang yang sudah kaduluarsa atau terlambat pengirimannya, dan lain-lain.
Advertisements
Categories: Supply Chain Management | Tags: , , , | 9 Comments

Post navigation

9 thoughts on “Cara Sederhana Menilai Kinerja Rantai Pasokan

  1. rahma

    mbak rina, saya mau tanya,,,
    apa saja faktor2 yg berpengaruh terhadap rantai pasok tsb? tks mbak… 🙂

  2. Halo Rahma….faktor2 yang mempengaruhi rantai pasok itu adalah semua link yang ada dalam rantai pasok tersebut. Mulai dari supplier sampai pemakai / konsumen terakhir. Coba Rahma lihat di tulisan sebelum2nya tentang bagian2 yang ada dalam rantai pasok. Selain itu ada juga faktor eksternal di luar rantai pasok itu sendiri yang bisa mempengaruhi kinerja rantai pasok tersebut, seperti kondisi ekonomi suatu negara, keamanan suatu negara/daerah dan sebagainya.

  3. ahmad

    mbak rina untuk kedepanya mungkin bisa ditambahkan sumber kutipan, terima kasih

  4. mbak rina, untuk kedepanya kalau bisa dicantumkan sumber kutipan, supaya kalau ada orang yang mengutip postingan mbak rina bisa mencantumkan sumber acuan terima kasih

  5. mbak rina saya mau nanya, kalau saya melakukan penelitian mengenai kinerja rantai pasok tapi penelitian saya pada industri benih padi yang mana rantai pasoknya berbeda dengan perusahaan manufaktur menurut mbak gimna ? sebelumnya terimakasih

    • Halo Reski, maaf banget baru sempat balas. Pada intinya kinerja rantai pasok itu bisa dipakai di mana saja, mau di industri jenis apa juga boleh, di perkantoran biasa baik pemerintah maupun swasta juga bisa. Jadi pada intinya kamu bisa sekali melakukan penilaian kinerja rantai pasok di industri benih padi.

  6. maaf mengganggu mba saya mau nanya lagi kalau saya meneliti kinerja link dalam rantai pasok, indikator apa saja yang dinilai dalam kinerja link itu makasih sebelumnya mbak.

  7. setiadi

    Maaf mba…sy mau tanya neh,klo untuk penelitian tentang kinerja rantai pasok ikan nila di kabupaten X misalnya itu apakah bisa mba…terus metode pengukuran kinerja rantai pasoknya saya harus pake apa ya mba…mohon pencerahannya mba…terima kasih sebelumya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: