Kesiapsiagaan – Gambaran Umum

Tulisan ini saya mulai dengan mengutip istilah dari salah satu pendiri Amerika Serikat, Benjamin Franklin:  “By failing to prepare, you are preparing to fail”. Kutipan ini sangat cocok kita pakai untuk tahap kesiapsiagaan ini. Jika kita dan semua pihak yang terkait tidak mempersiapkan diri dengan baik atau tidak ada kesiapsiagaan maka kita pun harus bersiap-siap untuk menghadapi kerugian yang sangat besar.

Ring of fire

Tentu saja kita semua pasti mengharapakan agar tidak terjadi bencana apapun juga. Namun adalah baik jika kita tetap bersiap siaga untuk menghadapi kemungkinan seandainya hal itu terjadi.  Apalagi buat kita, Indonesia masuk dalam jalur “ring of fire”, tentu kita harus lebih meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi risiko atau ancaman bahaya / bencana. Contoh yang paling jelas saat ini bulan Juli namun curah hujan yang ada di Jakarta dan sekitarnya masih cukup tinggi padahal seharusnya kita sudah berada dalam musim kemarau. Fenomena perubahan cuaca ini juga menjadi suatu masukan buat kita untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan.

Seperti dalam tulisan sebelum, kita telah melihat arti kesiapsiagaan secara garis besar:

Kesiapsiagaan: kesiapan pemerintah, organisasi/lembaga profesional, masyarakat dan perorangan dalam mengantisipasi kemungkinan bencana yang terjadi, kesiapan untuk merespon ketika bencana itu terjadi serta bagaimana cara untuk memulihkan keadaan secara efektif setelah bencana terjadi.

Untuk lebih lengkapnya kita bisa memakai referensi dari The United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR, 2009) sebagai berikut:

“Kesiapsiagaan adalah pengetahuan dan kapasitas yang dikembangkan oleh pemerintah, lembaga-lembaga profesional dalam bidang respons dan pemulihan, serta masyarakat dan perorangan dalam mengantisipasi, merespons dan pulih secara efektif dari dampak-dampak peristiwa atau kondisi ancaman bahaya yang mungkin ada, akan segera ada atau saat ini ada”.

Jadi kita bisa membuat kesimpulan, pada intinya kesiapsiagaan itu meliputi kesiapan kita sebelum, pada saat dan sesudah bencana.

Tentu saja setiap jenis bencana membutuhkan langkah-langkah kesiapsiagaan yang berbeda namun pada dasarnya tujuan dari kesiapsiagaan itu adalah kemampuan kita untuk menghadapi bencana dengan baik dan semestinya.

Saat ini, banyak pelatihan kesiapsiagaan yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga profesional lainnya. Pelatihan-pelatihan itu biasanya dibuat berdasarkan analisis dan risiko bencana yang ada di suatu lokasi tertentu.

Pelatihan menghadapi kebakaran adalah salah satu contoh aktivitas kesiapsiagaan. Kebakaran adalah salah satu jenis bencana yang paling umum.  Biasanya pengelola suatu gedung atau mall mempunyai rencana kontijensi jika terjadi kebakaran dan membuat agenda pelatihan secara teratur. Pelatihan ini harus diikuti oleh semua penghuni / pemakai gedung termasuk manajemen gedung itu sendiri.  Secara garis besar pelatihan ini mengajarkan kepada para penghuni gedung bagaimana menghadapi kebakaran, salah satu yang terpenting adalah ketika alarm kebakaran berbunyi, para penghuni diharapkan untuk tidak panik dan segera keluar dari gedung dengan menggunakan jalur yang telah dibuat menuju ke titik atau tempat evakuasi. Jadi, pada prinsipnya kesiapsiagaan untuk kebakaran adalah membuat suatu keadaan (dalam gedung atau bangunan atau rumah) yang aman dari api, membuat rute jalan keluar dari tempat kejadian, dan keluarlah dengan aman.

Pada penulisan ini kita hanya melihat gambaran umum tentang apa itu kesiapsiagaan, ke depannya kita bisa melihat lebih jauh lagi tentang kesiapsiagaan untuk beberapa jenis bencana.

Advertisements
Categories: Manajemen Bencana | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: