Pengurangan Risiko Bencana (PRB)

Pada penulisan sebelumnya, kita melihat bahwa secara garis besar, pengurangan risiko bencana adalah cara yang sistematis untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan pada saat bencana berdasarkan risiko dan kajian tentang bencana.

PRB

Mengingat banyaknya jenis atau sifat dari bencana, maka kita dapat melihat bahwa jangkauan PRB ini sangat luas.  Pada penulisan kali ini saya hanya akan membahas garis besarnya saja.

Untuk mengetahui definisi yang lebih lengkap tentang apa itu PRB maka kita bisa memakai referensi dari The United Nations International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR, 2009) sebagai berikut:

Pengurangan risiko bencana adalah konsep dan praktik mengurangi risiko-risiko bencana melalu upaya-upaya sistematis untuk menganalisis dan mengelola faktor-faktor penyebab bencana, termasuk melalui pengurangan keterpaparan terhadap ancaman bahaya, pengurangan kerentanan penduduk dan harta benda, pengelolaan lahan dan lingkungan secara bijak, dan peningkatan kesiapsiagaan terhadap peristiwa-peristiwa yang merugikan.

Jadi pada intinya kita bisa melihat bahwa ada empat aktivitas yang harus dilakukan dalam PRB ini:

1. Identifikasi risiko dan tingkat kerentanan.

Yang perlu diidentifikasi antara lain jenis atau sifat bencana, lokasi, berapa besar tingkat kekuatannya (intensitas), jangka waktu dari bencana-bencana sebelumnya untuk bisa melihat tingkat probabilitas atau frekuensi timbulnya ancaman atau risiko bencana. Keadaan dan tingkat kerentanan dari masyakarat dan sumber daya lainnya termasuk infrastruktur juga harus diidentifikasi.

2. Mengkaji risiko dan tingkat kerentanan.

Dalam tahapan ini risiko yang ada harus dianalisa untuk melihat berapa besar tingkat bahayanya, begitu pula tingkat kerentanannya harus dianalisa untuk dapat mengetahui kapasitas dari masyarakat dan sumber daya yang tersedia untuk mengurangi risiko atau dampak dari bencana.

3. Evaluasi.

Risiko dan tingkat kerentanan tersebut harus dievaluasi untuk menentukan risiko mana yang memerlukan prioritas dan penanggulangan.

4. Pelaksanaan PRB berdasarkan evaluasi yang dibuat.

Advertisements
Categories: Manajemen Bencana | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: