Buat kita anak bangsa – bagus deh…coba dibaca ya.

Cintai produk dalam negeri

Kita NYATA, mahasiswa Indonesia di Australia: suatu pagi, kami di jemput client, orang tersebut sudah tua. Bapak ini seorang pengusaha asal Singapura, logat bicaranya gaya melayu & inggris, beliau menceritakan pengalaman hidupnya pada kami: “negaramu sangat kaya!”. Dalam hatiku: “ah biasa banget dengar kalimat itu”. Tapi tunggu, dia berkata: “Dunia membutuhkan Indonesia bukan sebaliknya, semuanya bisa didapatkan di Indonesia. Indonesia itu paru-paru dunia, tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kacau. Singapura tidak bisa kaya tanpa Indonesia. 500 ribu orang Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan, bisa terbayang kan uang yang masuk ke kami, apartemen2 terbaru kami yang dibeli orang Indonesia, tidak peduli harga selangit laku keras. Lihatlah RS kami, isinya Indonesia semua. Kalian tahu kan kalo kemarin dunia krisis beras, termasuk di Singapura dan Malaysia. Kalian di Indonesia dengan mudah dapat beras. Lihatlah di negara kalian, air bersih dimana2, bandingkan dengan negara kami, air bersih pun kami impor dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dalam rangka bisnis, karena pasirnya mengandung permata, terlihat berkilau kalo ada sinar matahari. Penambang jual cuma RP 3rb/kg ke pabrik China, si pabrik jual seharga Rp 30rb/kg. Kalian sadar tidak kalo negara2 lain takut mengembargo Indonesia! Ya karena negara kalian memiliki segalanya. Harusnya kalianlah yang mengembargo diri kalian sendiri. Belilah pangan dari petani kalian sendiri. Belilah tekstil garmen dari pabrik2 kalian sendiri. Tidak perlu impor, kalo bisa produksi sendiri. Jika kalian bisa mandiri, Indonesia bisa mengatur pasar dunia”.

(sumber: BBM broadcast)
Advertisements
Categories: Intermezzo | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Buat kita anak bangsa – bagus deh…coba dibaca ya.

  1. Selanjutnya apa? SDM yg perlu ditingkatkan agar dapat meraih itu semua.
    http://fmizar.blogspot.com

  2. Iya, peningkatan SDM sudah pasti harus dilakukan baik oleh pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sendiri.
    Aku rasa kita bisa memulainya dari diri kita sendiri dulu untuk lebih mencintai produk dalam negeri, contoh sederhana kalo kita ke mall kadang kita lebih memilih untuk masuk ke counter produk luar daripada masuk ke counter untuk produk2 UKM. Kelihatan banget beda peminatnya, di mall dekat rumah saya counter UKM-nya sepi pengunjungnya begitu pula dengan supermarketnya, banyak orang beli buah/sayur import daripada yang lokalan. Sedihnya lagi kadang orang lebih bangga kalo liburan ke luar negeri daripada ke tempat2 wisata yang ada di dalam negeri.
    Tadi pagi saya baca di Kompas, artis terkenal, Gwyneth Paltrow (pemain Iron Man 2) baru aja berlibur ke pulau Komodo di NTT, dia senang banget bahkan bilang kalo itu termasuk salah satu liburan terbaiknya. Nah kalo kita orang sini mungkin lebih milih liburan ke Disneyland di luar negeri 🙂

  3. Kl di harapin indonesia kaya begitu susah, dan butuh usaha keras dari seluruh elemen bangsa, karena dimana-mana masyrakat kita tu udah terlanjur akrab dengan budaya hedonis matrialis.. Belum lagi contoh yang jelek dari pemimpin2 kita yang rata-rata adalah pemimpin berkepribadian bedebah.. Yang penting tu kita mulai dari diri sendiri dulu

    Berkunjung ke blog mba rina.. salam kenal.. saya adalah salah seorang teman SMU dari Doni Arinsandi 🙂

    • Terima kasih, salam kenal kembali….aku bingung mau manggil namanya siapa karena yang pasti bukan Bandaro kan 🙂

      Iya, yang penting kita mulai dari diri sendiri dulu karena sekecil apapun perubahan yang kita lakukan akan sangat berarti….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: