Pengadaan >> Pendahuluan

Kita telah melihat lima komponen dasar dari SCM, yaitu rencana– sumber/suplai – buat/produksi – kirim – kembali.

Kelima komponen itu tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Contoh sederhana adalah jika kita mempunyai kalung, tentu kalung tersebut harus dalam bentuk yang utuh untuk bisa dipakai. Jika pengait kalung tersebut rusak maka kita harus memperbaikinya untuk bisa dipakai kembali. Mungkin akan ada sedikit cacat atau penampilannya kurang begitu bagus dibandingkan dengan sebelum rusak. Pada saat pertama kita membeli kalung, kita hanya punya uang untuk membeli kalung perak, namun setelah beberapa saat kita sudah punya cukup uang untuk bisa membeli kalung emas. Tentu kalung tersebut akan kita rawat dengan baik karena merupakan barang berharga.

Contoh di atas sama persis dengan SCM, setiap komponen yang ada merupakan suatu kesatuan, harus dikelola dengan baik untuk bisa mendapatkan nilai/keuntungan yang diinginkan dan berkelanjutan. Keuntungan bisa terus meningkat jika SCM itu berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan mutu dan efisiensinya.

Kembali ke judul di atas, yaitu pengadaan. Mungkin bagi sebagian besar masyarakat awam, pengadaan sama dengan pembelian. Sebenarnya kedua hal ini berbeda. Berikut adalah pengertian dasar mengenai kedua hal tersebut:

Procurement Contract

Pengadaan :   suatu proses untuk mendapatkan barang atau jasa dari pihak lain. Proses tersebut meliputi seluruh aktifitas yang dilakukan dari tahap awal sampai tahap akhir untuk mendapatkan barang atau jasa tersebut. Biasanya dimulai dari identifikasi apa yang dibutuhkan, melakukan survei atau kajian pasar, mendapatkan contoh barang yang diinginkan sesuai dengan spesifikasinya, melakukan proses tender, membuat kontrak pengadaan, melakukan pemesanan termasuk mengatur masalah logistiknya (transport & gudang jika perlu),  memonitor posisi barang atau jasa tersebut sampai dengan mengevaluasi performa dari pemasok. Hampir sama dengan misi logistik, pengadaan mempunyai misi untuk mendapatkan barang atau jasa dengan jumlah dan kualitas yang tepat, pada waktu dan tempat yang tepat serta dari sumber yang tepat dengan harga yang tepat juga.

Pembelian : suatu aktifitas yang melakukan pengeluaran (uang atau setara dengannya) dan biasanya lebih cenderung ke pertimbangan harga daripada lainnya. Boleh dikatakan bahwa pembelian adalah salah satu bagian pengadaan dan bersifat lebih ke masalah administratif. Beberapa perusahaan menetapkan standar untuk proses pembelian namun proses ini sangat bervariasi.

Ke depan kita akan membahas langkag-langkah yang dilakukan pada proses pengadaan.

Advertisements
Categories: Supply Chain Management | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: