Gudang >> Pendahuluan

Gudang juga merupakan komponen utama dalam logistik.  Saya rasa kita semua tahu bahwa gudang adalah tempat untuk menyimpan barang atau peralatan. Mungkin di rumah kita juga mempunyai satu ruangan yang kita sebut gudang, biasanya berbagai macam barang yang tidak terpakai atau jarang dipakai akan kita simpan di gudang rumah tersebut.

Jadi secara umum gudang adalah tempat penyimpanan barang atau peralatan. Gudang juga digunakan oleh hampir semua pelaku bisnis yang ada dalam lingkaran supply chain baik itu produsen, pabrik, pengecer, perusahaan transportasi dan sebagainya. Bahkan di kantor-kantor pemerintah pun biasanya ada tempat atau bangunan khusus digunakan sebagai gudang.

Secara kasar kita kita bisa mengatakan bahwa siapapun bisa mengurus gudang namun pada kenyataannya mejadi pengurus gudang tidaklah mudah. Banyak faktor yang harus diperhatikan dan harus dijalankan oleh orang yang mengurusi atau bertanggung jawab atas gudang yang bersangkutan.

Contoh yang paling sederhana adalah gudang di rumah kita. Jika gudang tersebut tidak dibersihkan maka pasti akan banyak tikus atau binatang rayap lainnya yang berkeliaran dan berkembang biak di sana. Selain itu gudang tersebut juga harus mendapat cukup sinar matahari dan udara untuk menghindari lembab.

Gudang untuk urusan komersial biasanya merupakan suatu bangungan yang khusus didirikan untuk menyimpan barang baik itu bahan baku ataupun produk jadi, lokasinya biasanya berada di daerah industri atau dekat dengan pelabuhan atau pun berada satu lokasi dengan tempat usahanya. Gudang jenis ini biasanya didesain sesuai dengan kebutuhannya, misalnya gudang tersebut punya akses langsung untuk bongkar muat di wilayah pelabuhan atau airport.

Pelaku bisnis atau industri biasanya akan menentukan jenis gudang yang akan dipakai, apakah mereka harus membangun gudang sendiri atau cukup dengan mengontrak gudang sesuai dengan kebutuhannya.

Gudang

Pertimbangan sebelum memutuskan jenis gudang antara lain:

  1. Apa yang akan disimpan, apakah perlu penanganan khusus seperti suhu khusus dll.
  2. Berapa luas tempat yang diperlukan.
  3. Berapa lama kita akan menyimpannya.

Ke depan kita akan melihat lebih jauh tentang bagaimana mengelola suatu gudang dengan baik.

Advertisements
Categories: Logistik | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: