Transport

Misi logistik pada prinsipnya adalah:transport

  1.  Mendapatkan barang yang tepat,
  2.  pada waktu yang tepat,
  3.  dalam jumlah yang tepat
  4.  dengan  kondisi yang tepat,
  5.  serta dengan biaya yang terjangkau.

Transport adalah komponen utama untuk mencapai misi tersebut. Untuk dapat membuat suatu sistem transportasi yang efisien dengan biaya yang terjangkau diperlukan suatu manajemen yang baik. Mengelola transportasi sering kali merupakan suatu masalah yang cukup kompleks karena banyak faktor yang harus diperhitungkan. Beberapa faktor yang sering dilupakan ketika kita mengatur transport adalah kondisi politik, sosial dan ekonomi yang ada di suatu daerah atau negara. Terkadang keputusan atau kebijakan yang dibuat mengenai infrastruktur transportasi menjadi masalah utama dalam pengambilan keputusan untuk memakai jenis transport dan jalur mana yang harus dilalui. Keadaan sosial dan kondisi ekonomi di suatu daerah/negara akan menjadi penentuan penggunaan jenis transpor serta keamanannya.

Secara garis besar, ada empat langkah yang harus dilakukan dalam manajemen transportasi, yaitu:

1. Perencanaan.

Tahap ini akan menentukan jenis transpor yang paling efisien untuk digunakan dengan mempertimbangkan beberapa faktor antara lain biaya, jenis barang yang akan dikirim dengan memperhatikan kemasannya serta cara penangannya, tujuan pengiriman, waktu yang diinginkan untuk tiba di tempat tujuan, sebisa mungkin menghindari transit untuk menjaga kualitas dan keamanan barang, kondisi sosial-ekonomi-politik pada setiap daerah yang akan dilalui dan sebagainya.

2. Pengambilan keputusan.

Tahap ini memutuskan transportasi jenis apa yang akan digunakan dengan segala pertimbangannya pada saat perencanaan.

3. Tindak lanjut.

Tahap ini memonitor perkembangan pengiriman barang baik secara fisik maupun administrasi, antara lain memonitor posisi barang berada di mana, baigamana pengurasan bea & cukai,  apakah perlu melakukan suatu tindakan untuk kelancaran pengiriman, tagihan yang harus dibayar dan sebagainya.

4. Pengukuran.

Setiap transpor yang dilakukan harus ada pencatatan atau ukuran performansinya baik terhadap transporternya maupun segala situasi kondisi yang terjadi selama barang dikirim.

 

Berikut adalah jenis transportasi:

1. Transportasi melalui udara.

Biasanya transportasi jenis ini menggunakan operator kargo – penerbangan yang mengkhususkan diri dalam kargo. Ada juga kurir seperti UPS dan Federal Express, yang biasanya mengirimkan barang berupa paket.

2. Transportasi melalui jalan darat.

Umumnya menggunakan truk. Dua istilah penting adalah FTL (beban truk penuh/full truck load) dan LTL (kurang dari beban truk/less than truck load). Kendaraan transportasi utama, digunakan untuk memberikan pasokan ke gudang. Kendaraan angkutan sekunder mengambil pesanan pelanggan dari pusat distribusi untuk pengiriman – contoh UPS atau FedEx dengan mobil box.

3. Transportasi menggunakan kereta api.

Transpor jenis ini menawarkan alternatif murah untuk pengiriman produk yang tidak terlalu berfokus pada komponen kecepatan.

4. Transportasi laut / air.

Transpor ini menawarkan alternatif lain yang baik untuk produk yang tidak membutuhkan pengiriman cepat. Metode transportasi air termasuk kapal curah dan kapal kontainer, yang terakhir yang sering digunakan untuk pengiriman produk makanan ke/dari luar negeri.

Pada tahap ini kita hanya melihat secara garis besar saja untuk jenis-jenis transportasi, ke depannya kita akan melihat lebih mendalam lagi karena setiap jenis transportasi itu mempunyai karakteristik dan detail yang cukup panjang.

Saya mengharapkan komentar/masukkan dari pembaca untuk tulisan ini dan silahkan juga follow blog ini jika tertarik 🙂

Advertisements
Categories: Logistik | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: