Supply Chain >> Pemasok & Produksi

Di sini kita akan coba melihat kedua hal di atas secara bersamaan karena hubungannya yang sangat erat.

supply_chain

Seperti yang dibahas pada tahap perencanaan sebelumnya, salah satu faktor yang cukup penting adalah mendapatkan informasi yang akurat tentang permintaan pasar. Kita dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pasar dengan beberapa cara antara lain melakukan riset pasar, pesanan dari pelanggan, feedback dari pelanggan, informasi dari pemangku kepentingan yang lain dan sebagainya.

Berdasarkan informasi permintaan pasar ini, maka perusahaan / pabrik kemudian membuat desain produk termasuk bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat produk tersebut serta siapa yang akan menjadi pemasoknya. Pada tahap inilah kemudian perusahaan / pabrik membuat kontrak pengadaan dengan pemasok. Kontrak pengadaan ini harus mencatumkan semua syarat dan kondisi yang diinginkan secara jelas, terutama masalah spesifikasi, jadwal pengiriman dan pembayaran. Sebaiknya perusahaan / pabrik mendapatkan contoh bahan baku sebelum membuat kontrak pengadaan.

Setelah itu kita masuk ke proses manufaktur. Pada tahap ini produksi dilakukan berdasarkan pada informasi permintaan pasar yang telah dibuat sebelumnya. Proses manufaktur ini sebaiknya dibuat fleksibel dan efisien untuk dapat merespon jika ada perubahan pasar. Proses manufaktur ini terdiri dari beberapa bagian yang penting, antara disain produk, jadwal produksi, kontrol kualitas serta fasilitas pengaturan lainnya seperti penanganan produk, pengemasan, penyimpanan dan rencana pengiriman.

Secara garis besar kita bisa melihat prosesnya seperti di bawah ini:

Perencanaan: informasi permintaan pasar -> Pemasok: kontrak pengadaan -> Produksi : desain produk, jadwal produksi dan fasilitas pendukung.

Saya mengharapkan komentar/masukkan dari pembaca untuk tulisan ini dan silahkan juga follow blog ini jika tertarik 🙂

Advertisements
Categories: Supply Chain Management | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: