Supply Chain >> Perencanaan

Perencanaan berfungsi sebagai “jantung” dari SCM dan terjadi di awal proses. Secara garis besar perencanaan dapat diartikan sebagai penetuan kebijakan dan prosedur yang mengatur keseluruhan operasi dalam rantai pasokan. Perencanaan juga memprediksi kebutuhan di masa yang akan datang untuk dapat menyeimbangkan antara penawaran dan permintaan. Perencanaan yang buruk bisa mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

SCplanBeberapa faktor penting pada tahap perencanaan ini antara lain:

1. Mengetahui siapa itu pembeli:

  • Apa yang diingikan oleh pembeli
  • Di mana mereka ingin membeli
  • Kapan mereka ingin membeli
  • Bagaimana mereka  ingin membeli
  • Berapa harga yang mau mereka bayar untuk produk / jasa yang diinginkan

2. Integrasi proses bisnis dalam membuat suatu strategi yang baik untuk meningkatkan keuntungan. Perusahaan harus mampu membuat perkiraan yang akurat mengenai permintaan dalam waktu dekat. Sebagai contoh,  perusahaan meramalkan sejumlah “x” penjualan dan telah memesan material untuk produksi sejumlah “x” penjualan tersebut. Namun pada kenyataannya penjualan lebih sedikit dari jumlah “x” tersebut sehingga mengakibatkan kelebihan persediaan yang nantinya bisa mengakibatkan penurunan pendapatan. Demikian pula sebaliknya, jika perusahaan memproduksi kurang dari angka penjualan, maka peruhaan harus memesan material tambahan untuk produksi, para pekerja akan lembur untuk memenuhi permintaan tersebut, sehingga akan ada tambahan biaya produksi yang biasanya akan ditambahkan ke harga produk jadi. Hal ini juga bisa mengakibatkan penurunan pendapatan

3. Membuat suatu sistem informasi yang baik. Untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif maka sistem informasi yang efektif sangat dibutuhkan baik untuk internal maupun antar semua pemangku kepentingan dalam supply chain. Saat ini, internet sangat memudahkan bagi para pemangku kepentingan untuk saling berbagi informasi baik itu informasi mengenai permintaan, stok, logistik, trend pasar dan sebagainya.

Saya mengharapkan komentar/masukkan dari pembaca untuk tulisan ini dan silahkan juga follow blog ini jika tertarik 🙂

Advertisements
Categories: Supply Chain Management | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: