Lebih Jauh tentang SCM

Dari gambar yang ada tentang SCM pada penulisan sebelumnya, kita dapat melihat bahwa secara garis besar SCM mempunyai lima komponen dasar,  yaitu:

  1. Perencanaan – perusahaan perlu membuat suatu perencaan atau strategi untuk mengatur semua sumber daya yang ada secara efisien dengan biaya yang tidak terlalu besar untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
  2. Pemasok – perusahaan/pabrik harus memilih dengan tepat siapa yang akan menjadi pemasok dari produk yang dibuat.
  3. Produksi  – perusahaan/pabrik harus bisa mengukur tingkat kualitas, hasil produksi dan produktivitas pekerja. Pengujian produk, pemeriksaan kemasan dan persiapan pengiriman perlu diperhatikan dengan baik dan ditingkatkan.
  4. Pengiriman – bagian ini kita kenal dengan logistik. Di bagian ini perusahaan mengkoordinasikan pemesanan dari pelanggan, penyimpanan produk, memilih cara pengiriman dan siapa yang akan mengirimkan serta membuat sistem pembayaran.
  5. Pengembalian barang – ini merupakan bagian yang cukup problematik buat kebanyakan perusahaan. Pada bagian perencanaan di atas, perusahaan harus membuat suatu sistem yang responsif dan fleksibel untuk bisa menerima kembali produk yang cacat, serta memberikan layanan kepada pelanggan yang mempunyai masalah dengan pengiriman.

Dari lima komponen di atas, kita dapat melihat bahwa perusahaan yang menjalankan SCM akan terkait dengan dua jenis aliran, yaitu aliran “fisik” dan aliran “informasi”. Aliran fisik adalah yang bisa terlihat dalam rantai pasokan tersebut, yaitu pengolahan produk, pergerakan barang dan material serta penyimpanan. Sedangkan aliran informasi adalah bagaimana setiap perusahaan yang ada di dalam rantai pasokan tersebut bisa berkoordinasi dalam membuat rencana jangka panjang mereka dan juga untuk mengontrol aliran barang dan material dari titik awal hingga titik akhir.

Saya mengharapkan komentar/masukkan dari pembaca untuk tulisan ini dan silahkan juga follow blog ini jika tertarik 🙂

Advertisements
Categories: Supply Chain Management | Tags: , | 6 Comments

Post navigation

6 thoughts on “Lebih Jauh tentang SCM

  1. apakah supply chain ini memiliki standard sertifikasi?

    • Iya ada beberapa sertikasi supply chain (SC) tapi lebih ke profesional / orang. Misalnya yg cukup terkenal Certified SC Manager (CSCM), Certified Professional in SC Management (CPSM).

  2. izah

    hello . minta maaf sbelom tue . yg sbenar nye sye msih kurang fham . jdik bole sye tau tak kje logistic sbnrnye mcm mne ye ?

  3. bre

    Hai mba Rina,

    Terima kasih buat artikel2nya ya
    Berguna banget 🙂

    Aku mau tanya ttg bagaimana peranan perbankan dlm SCM. Seperti apa? Seberapa jauh? Dan sbg bagian dari SCM bgmn memilih bank yg tepat? Serta apa saja resiko2nya dalam keuangan dlm mengelola SCM?

  4. Basamah Meyana

    Hai Mbak Rina, makasih ya atas infonya tentang SCM. Apakah ada contoh contoh sheet yang digunakan untuk mengontrol SCM ini? Mohon bantuannya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: