Kata Pembuka

Saat ini kita sering sekali mendengar tentang bencana alam yang terjadi baik di Indonesia maupun di beberapa negara lain. Macam-macam bencana alam yang terjadi seperti gempa bumi, banjir, letusan gunung api, tanah longsor bahkan tsunami. Mungkin masih segar diingatan kita tentang tsunami yang terjadi di Aceh pada akhir tahun 2004 lalu. Begitu banyak korban dan kerugian yang ditimbulkan akibat tsunami tersebut. Kita juga tahu bahwa di beberapa tempat terdapat kekeringan yang berkepanjangan yang menyebabkan terjadinya kelaparan.

Selain bencana alam, ada juga bencana yang disebabkan karena ulah manusia atau mungkin yang kita kenal dengan nama bencana sosial. Contoh bencana jenis ini adalah perang atau konflik antar suku/kubu ataupun perang yang terjadi antar negara tetangga.

Selain kedua jenis bencana tersebut di atas, ada juga bencana yang sangat berbahaya bagi kita umat manusia seperti wabah penyakit atau epidemi. Bencana epidemi ini terjadinya sangat cepat di suatu daerah dan menimbulkan banyak korban. Bencana jenis ini kita kenal dengan nama bencana non alam.

Dalam bagian Disaster Management  ini, saya akan mencoba untuk mengupas tentang kebencanaan dan juga berbagi pengalaman saya selama saya ikut terlibat dalam penanganan bencana baik yang ada di beberapa tempat di Indonesia maupun di luar negeri.

Saya juga mengharapkan pembaca untuk bisa berbagi pengalaman dan mengoreksi saya jika ada tulisan yang tidak sesuai atau salah. 😉

Advertisements
Categories: Manajemen Bencana | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: