Apa itu Supply Chain Management (SCM) ?

Mungkin saat ini kita sering mendengar Supply Chain Management,  namun tidak sedikit juga yang masih awam mengenai masalah ini. Dari namanya kedengaran lumayan keren, kalau diterjemahkan menjadi Manajemen Rantai Pasokan atau Wikipedia menterjemahkannya menjadi Manajemen Rantai Suplai. Sebenarnya sama saja artinya, terserah kita mau memakai yang mana. Kalo saya terus terang lebih suka memakai singkatan dari versi inggrisnya, SCM. Singkat, padat, jelas 🙂 .

Dari namanya saya rasa kita bisa membuat kesimpulan secara kasar apa itu SCM. Ada kata “rantai” dan kata “pasokan / suplai”. Kita tahu rantai itu bentuknya seperti lingkaran yang tidak putus, dan pasokan atau suplai adalah persediaan atau stok barang-barang yang dibutuhkan dan dapat diperoleh. Jadi rantai pasokan atau rantai suplai adalah suatu lingkaran yang saling berhubungan dalam rangka untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan dari pemasok / penyuplai. Tentu saja banyak faktor yang terdapat dalam lingkaran rantai pasokan / suplai itu.

Gambar dibawah ini memberikan ide kepada kita tentang rantai pasokan / suplai.

SCM Agar rantai tersebut berjalan dengan baik  tentu saja diperlukan suatu pengaturan atau manajemen yang baik juga.  Jadi dari sini kemudian muncullah apa yang disebut Manajemen Rantai Pasokan / Suplai (SCM).

Secara garis besar SCM adalah suatu proses untuk mengintegrasi, mengkoordinasi dan mengontrol pergerakan bahan baku menjadi produk jadi dan mengirimkannya kepada konsumen. Pergerakan informasi juga termasuk dalam proses ini.  Segala upaya biasanya dilakukan agar proses tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien untuk memaksimalkan nilai yang bisa didapatkan oleh konsumen serta untuk mencapai suatu keuntungan yang berkelanjutan.

Saya mengharapkan komentar/masukkan dari pembaca untuk tulisan ini dan silahkan juga follow blog ini jika tertarik 😉

Advertisements
Categories: Supply Chain Management | Tags: , | 63 Comments

Post navigation

63 thoughts on “Apa itu Supply Chain Management (SCM) ?

  1. Pingback: Lebih Jauh tentang SCM | RinaTnunay

  2. indah

    maaf mbak
    mohon penjelasan apa bedanya scm dengan logistik?
    contohnya dengan barang2 untuk daerah bencana.
    thx mbak.

  3. Halo Indah….kalo Indah baca tulisan2 yang di bagian Logistik mungkin Indah bisa melihat dengan jelas perbedaan antara Logistik dan SCM. Logistik itu adalah bagian dari SCM.
    Contohnya: barang-barang bantuan untuk daerah bencana. SCM mengurusi mulai dari pemesanan barang ke suplier (procurement/purchasing) sampai barang tersebut diterima oleh penerima manfaat dalam hal ini para korban bencana dan memastikan bahwa barang tersebut diterima dengan baik serta sesuai / cocok dengan kebutuhan. Nah Logistik adalah salah satu bagian/komponen dari SCM itu. Ketika barang telah siap dikirimkan oleh/dari suplier, disitulah Logistik berperan, yaitu transportasi dan pergudangan (jika barang harus disimpan sebelum dibagikan ke korban bencana). Jadi jeas dalam hal ini ada dua leg transportasi yaitu transportasi dari suplier ke gudang dan dari gudang ke lokasi bencana. Bisa jadi tiga leg transportasi jika di lokasi bencana barang tersebut harus disimpan lagi sebelum dibagikan ke korban bencana. Begitu barang telah diterima dengan baik oleh korban maka tugas Logistik pada prinsipnya telah selesai. Jadi jelas Logistik itu berurusan dengan transportasi dan gudang. Sedangkan SCM itu semua proses yang ada dalam suatu rantai pasokan, istilahnya dari A-Z.

    Mudah2an bisa dimengerti ya. Thanks.

  4. makasih ya (:

  5. Logistik itu point to point saja, SCM itu dari raw material sampai end customer?

    • Makasih commentnya…iya kalo disingkat boleh dikatakan seperti itu. Logistik itu sesuatu yang berkaitan dengan transportasi dan gudang, kalo SCM itu mulai dari perencanaan sampai end customer dan feedbacknya.

  6. Bila

    apakah pada materi scm ini indonesia bisa tidak impor pangan?

  7. @Bila: bisa. Jadi asal bahan baku bisa dari dalam atau luar negeri.

  8. Wahyu Ray

    mbak kalo sistem pergudangan dalam supply chain management itu kaya gimana ya?

  9. @Wahyu Ray: sistem pergudangan dalam SCM sama aja intinya dengan pergudangan biasa. Yang perlu diperhatikan adalah gudangnya berada di rantai yang mana, apakah gudang supplier, atau gudangnya factories atau gudang penjual (misalnya gudangnya toko atau supermarket yang menjual finished product).

  10. Eva

    Apakah SCM bisa diaplikasikan untuk trader Mba?
    Thanks, Eva

  11. rifki

    saya mau tanya,, seberapa besar pengaruh sitem informasi dan komunikasi terhadap SCM ?

  12. @Rifki: sistem informasi / komunikasi terhadap SCM sangat besar pengaruhnya, baik buruknya kinerja yang ada dalam SCM sangat ditentukan oleh sistem informasi/komunikasi.

  13. Alex

    Bu saya mau tanya..

    secara garis besar kan sudah dijelaskan bahwa SCM itu dimulai dari perencanaan sampai end customer dan feedback, sedangkan logistics itu adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan gudang..

    pertanyaan nya adalah apakah dalam SCM itu wajib dimulai dari produksi? dan jika dalam suatu perusahaan tidak memiliki proses produksi dia akan masuk ke area mana? SCM atau logistics? karena di perusahaan saya saat ini, tidak ada proses produksi tetapi ada proses menerima barang dari suplier kemudian terdapat proses warehousing dan ada proses pengiriman terhadap barang tersebut ke end customer atau cabang..

    • Hi Alex, tidak semua SCM harus ada proses produksi. Menurut saya perusahaan Alex sekarang harus ada unit SCMnya karena proses penerimaan barang dari suplier kan pasti butuh perencanaan dan pengadaan juga kan, setelah itu barang dikirim, masuk gudang dan dikirimkan lagi ke end customer, jadi prosesnya lengkap dalam satu rantai pasokan tersebut. Mudah2N penjelasan saya ini jelas. Makasih.

  14. Alex

    Terima kasih Bu untuk jawab nya..

    Lalu jika kita membicarakan tentang aplikasi pada proses SCM, kira nya dari produk-produk aplikasi yang sekarang ini ada di pasaran kira-kira aplikasi mana saja yang cocok di terapkan bu?

    Terima kasih.

  15. kini scm telah berkembang menjadi sustainable SCM, mohon penjelasan detailnya.

    terimakasih

  16. angga pratama

    Bu… saya mau tanya… apa hubungan.a ERP dengan SCM?

    • Polairut

      Dari penjelasan di atas SCM adalah cycle process yang saling berhubungan. mulai dari bagian Producurement, Planning dan Logistic. ERP (Enterprise Resource Planning) adalah tools yang menyediakan informasi / system yang saling terkait antar bagian (Procurement, Planning, Logistic) sehingga memudahkan komunikasi/ kordinasi dalam proses keseluruhan.

      • SCM merupakan bagian dari ERP. Dimana ERP itu terdiri dari sistem2 berikut :
        1. SCM (Supply Chain Management)
        2. CRM (Customer Relationship Management)
        3. MRP (Manufacturing Resource Planning)
        4. FRM (Finance Resource Management)
        5. HRM (Human Resource Management)

  17. Natasya Paramitha

    mba saya mau tanya apa yang dimaksud dengan supply?

    • Hallo Natasya… pengertian supply artinya kurang lebih adalah penyediaan barang-barang (juga jasa) yang dibutuhkan dan dapat diperoleh.

  18. tunggul wirawan

    Selamat pagi, Apa perbedaan Supply Chain Management dan Chain of Custody ?
    trims info nya

  19. Anto

    Termakasih bu atas infonya 🙂

  20. ALDY

    ajarin aku dong ka lebih jauh tentang SCM

  21. Terimakasih informasinya. Sangat membantu saya yang sedang mengembangkan software ERP bersama tim. Artikel ibu telah membuat saya lebih paham tentang proses SCM yang sebenarnya cukup rumit, tetapi bisa dijelaskan dengan cukup sederhana.

    Sekali lagi, terima kasih, bu. 🙂

  22. terimakasih kak… membantu tugas kuliah saya 🙂

  23. permisi saya mau tanya bu,
    apakah SCM itu sama dengan PPIC?
    karena yang saya tahu dari bag PPIC itu menerima order dari pihak sales dan kemudian mengatur kebutuhan material lalu membuat jadwal produksi setelah itu memberi konfirmasi ke pihak delivery (untuk pengiriman) bahwa barang sudah/belum siap kirim dan mengkonfirmasi ke pihak customer.

    trimakasih

    • Dhika tediyanto

      Sekedar share.
      Secara sederhana, perbedaan PPIC dengan SC terletak pada scope-nya.
      Pada PPIC demand produk kemudian dikonversi menjadi FG available stock, product requirement to produce, material available stoct dan material requirement to buy.
      Sedangkan pada SC selain scope PPIC, jg mencakup material order plan (termasuk supplier delivery time) dan FG distribution plan (termasuk distribution time).

  24. Embong

    terimakasih…saya jadi lebih paham.

  25. terima kasih atas infonya

  26. arief rachman

    Mau bertanya kak,
    Masalah masalah apa saja yg bisa di teliti pada scm ini, untuk penelitian skripsi? Mksh
    Tolong di jawab

  27. arief rachman

    Mau bertanya bh
    Masalah masalah apa saja yg bisa di teliti pada scm ini, untuk penelitian skripsi? Mksh

    • Hi Arief…

      Maaf aku baru sempat balas sekarang. Banyak sekali permasalahan yang bisa diteliti di SCM, sangat banyak…tergantung kamu mau teliti di bagian mana ? mungkin bisa diinfo apakah kamu tertarik membahas permasalahan di bidang supplier or customer or yang lainnya ?

      Thanks,
      Rina

    • Hi Arief…maaf baru bisa reply.
      Masalah yang biasanya sering terjadi di rantai pasokan (sc) itu di produsen dan pengecer (kalo bisnis).

  28. Ifa

    Mba..saya mau nanya, bagaimana supply chain berproduksi agar efektif dan efisien? Mohon bantuannya mba, terimakasih

  29. Ifa

    Mbak..saya mau nanya, bagaimana agar supply chain berproduksi secara efektif dan efisien? Mohon bantuannya mba, terimakasih.

    • Hi mba Ifa, sorry baru sempat balas.
      Boleh lebih spesifik lagi gak pertanyaannya karena saya baru bisa kasih gambaran kalo tahu produksi tersebut dibidang apa. Pada intinya semua pihak terkait dari upstream ke downstream.

  30. ovilia

    Mbak saya mau tanya apakah SCM memiliki fitur? dan apa saja kegunaan dari fitur tersebut?

    • Halo Ovilia…

      Iya, saat ini banyak fitur yang dikembangkan untuk SCM. Tergantung kita mau fitur yang mana..karena ada fitur yang dikembangkan untuk produsen, supplier dan konsumen. Selain itu juga ada fitur yang dikembangkan untuk transporter dan warehouses yang terkait dalam rantai pasokan atau supply chain itu sendiri. Salah satu contoh adalah saat ini banyak distributor besar yang membuat suatu fitur berbasis layanan untuk meningkatkan jumlah customer.

  31. Mbak, Perkenalkan saya Gunawan.
    Saat ini sedang meneliti tentang pengukuran kinerja supplier, case nya distributor to supermarket/retail.
    mohon sharingnya, apakah ada referensi KPI tentang case tsb?
    atau metode apakah yang bisa digunakan?

    terimakasih

  32. muhidin abdul

    Mau tanya dong? Kalo dalam SCM sendiri ada berapa divisi yang terkait untuk mendukung program management SCM?

  33. Hi Muhidin Abdul,
    Biasanya yang utama adalah semua pihak terkait dari hulu ke hilir dan balik lagi jadi satu lingkaran…
    Tergantung tipe bisnisnya bergerak di bidang apa.

  34. berarti SCM ini benar benar suatu SOP nya suatu perusahaan ya bu? oh iya bu, kalau boleh tahu, sertifikasi SCM ini yang recommended daerah jakarta/semarang dimana ya bu?thankyou

    • Sebenarnya bukan SOP tapi lebih ke sistem ya. Setiap unit yang terkait dalam supply chain biasanya punya SOP tersendiri, misalnya bagian procurement punya SOP tersendiri, bagian gudang punya SOP tersendiri dll.
      Kalo lembaga sertifikasi SCM di Jakarta/Semarang kebetulan di saya kurang tahu mana yang bagus, maaf ya…

  35. Zidna Ilma

    Assslamualaikum Wr Wb
    Perkenalkan nama saya Zidna
    Saya mau tanya,kalau SCM itu di kantor pajak ada ga?kalau ada sistemnya itu bagaimana ya?
    Terima kasih

    • Hi Zidna,
      Seharusnya ada ya, cuma mohon maaf saya kurang begitu paham sistem perpajakan. Yang pasti SCM itu bisa dipakai di mana pun, tergantung siapa yang jadi end usernya.

      Terima kasih.

  36. wanda

    assalamualaikum kak rina, saya wanda maaf kak mau tanya kalau untuk supply chain production manufactur berarti ruang lingkup nya hanya untuk menunjang proses produksi saja gt ka?
    terimakasih

    • Halo juga Wanda…pada prinsipnya iya, SC untuk production manufacture untuk menunjang proses produksi tersebut.

  37. haloo, Selamat Pagi, izin menyimak di blog nya ya kak. Saya lagi mau mendalami tentang SCM, karena setelah lulus, berencana untuk mengambil s2 bidang SCM. bagaimana menurut anda, mengenai jurusan yang saya ambil sebagai prospek kedepan ?

    • Hi Nico, bagus sekali kalo kamu mau ngambil S2 bidang SCM, karena sekarang memang banyak dibutuhkan ahli untuk SCM optimisation. Dan selain itu SCM itu memang bisa diterapkan hampir di semua sektor jadi kamu bakalan basic yang kuat.

  38. rudi

    Ibu Rina

    Terimakasih sebelumnya. Saya merasa terbantu dgn Blog Ibu mengenai SCM. Mohon Ibu bisa Sharing SCM yg berkaitan dgn perusahaan konstruksi ECP ( Engginering Construction Procurement ) bisa saya dapatkan referensinya di mana ? Mohon Info ya ?

    Terimakasih

  39. kim

    siang mba Rina,

    saya mau tanya dong …. apakah SCM sama dengan marketing ?

    terima kasih,

    • Halo Kim,

      Maaf banget aku baru bisa menjawab pertanyaan kamu sekarang. Nggak, SCM bukan marketing, malahan marketing adalah bagian dari SCM, atau salah satu komponen yang ada di dalam SCM.
      Kalo perlu info lagi, just let me know you. Makasih kembali.

  40. erwin

    mba aku mau tanya masalah apa saja yang bisa di bahas dalam scm

    • Halo Erwin,

      Kalo melihat dari pertanyaan kamu mengenai distribusi antar daerah yang menyangkut SCM, yang terkait antara lain siapa pengirimnya, siapa transporternya, apa jenis barang yang dikirim, siapa penerimanya. Pada dasarnya supplay chain itu menyangkut semua hal yang berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi kalo distribusi antar daerah ya segala sesuatu yang terkait dalam pendistribusian sampai barang diterima dititik distribusi.

  41. erwin

    kaya distribusi antar daerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: