Lebih Jauh Tentang Logistik

Seperti yang ditulis sebelumnya, secara garis besar Logistik adalah manajemen aliran dari suatu tempat ke tempat lainnya. Lebih mendalam lagi, Logistik adalah manajemen aliran sumber daya antara tempat/titik asal dan tempat/titik akhir untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan, misalnya kebutuhan pelanggan atau perusahaan. Sumber daya yang dikelola dapat berupa barang dalam bentuk fisik, misalnya makanan, peralatan, perlengkapan kantor atau manusia juga. Selain itu sumber daya tersebut juga dapat berupa sesuatu yang abstrak seperti informasi dan waktu.

Setelah itu tentunya kita akan melihat Logistik itu meliputi apa saja atau dengan kata lain mungkin kita bisa mengatakan apa saja bagian-bagian utama dalam Logistik. Saya membaca dari beberapa sumber dan berdasarkan pengalaman, saya pikir penjelasan dari Wikipedia tentang bagian-bagian utama dalam Logistik adalah yang paling sederhana dan cepat untuk dimengerti. Kutipan dari Wikipedia untuk bagian-bagian utama dari Logistik adalah sebagai berikut:

  1. Pengadaan Logistik : terdiri dari kegiatan seperti riset pasar, perencanaan kebutuhan, keputusan make-or-buy, manajemen pemasok, pemesanan, dan pengendalian. Target dalam pengadaan logistik mungkin bertentangan antara efisiensi memaksimalkan dengan berkonsentrasi pada kompetensi inti, outsourcing sambil mempertahankan otonomi perusahaan, atau meminimalkan biaya pengadaan sambil memaksimalkan keamanan dalam proses penyediaan.
  2. Produksi Logistik : menghubungkan pengadaan untuk distribusi logistik. Fungsi utamanya adalah untuk menggunakan kapasitas produksi yang tersedia untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan dalam distribusi logistik. Kegiatan logistik produksi terkait dengan konsep organisasi, perencanaan tata letak, perencanaan produksi, dan pengendalian.
  3. Distribusi Logistik : tugas utamanya adalah pengiriman produk jadi kepada pelanggan. Ini terdiri dari pemrosesan order, pergudangan, dan transportasi. Distribusi logistik diperlukan karena waktu, tempat, dan kuantitas produksi berbeda dengan waktu, tempat, dan kuantitas konsumsi.
  4. Pembuangan/penghapusan Logistik : fungsi utamanya untuk mengurangi biaya logistik dan meningkatkan layanan terkait dengan pembuangan limbah yang dihasilkan selama operasi bisnis.
  5. Reverse Logistics : menunjukkan semua operasi yang berkaitan dengan penggunaan kembali produk dan bahan. Proses ini mencakup manajemen dan penjualan surplus, serta produk dikembalikan ke vendor dari pembeli. Reverse ini menyangkut semua operasi yang berhubungan dengan penggunaan kembali produk dan bahan. Ini adalah “proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang efisien, efektif aliran biaya bahan baku, inventaris dalam proses, barang jadi dan informasi terkait dari titik konsumsi ke titik asal untuk tujuan merebut kembali nilai atau tepat pembuangan. Lebih tepatnya, proses reverse logistics adalah proses pemindahan barang dari tempat akhir barang tersebut dengan tujuan untuk digunakan kembali atau untuk dibuang dengan benar.
  6. Green Logistics : semua upaya untuk mengukur dan meminimalkan dampak ekologis kegiatan logistik. Ini mencakup semua kegiatan dari awal hingga akhir termasuk proser reverse.
  7. Global Logistics
  8. Domestics Logistics
  9. Concierge Logistics : pelayanan untuk proses impor / ekspor

Saya mengharapkan komentar/masukkan dari pembaca untuk tulisan ini dan silahkan juga follow blog ini jika tertarik πŸ˜‰

Advertisements
Categories: Logistik | Tags: | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Lebih Jauh Tentang Logistik

  1. feblyan

    Mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: