Apa itu Logistik ?

Mungkin bagi kebanyakan orang logistik berarti bahan makanan atau bahan lainnya yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari atau keperluan lainnya. Pemikiran seperti ini sama persis dengan yang ada di kepala saya 13 tahun yang lalu ketika saya menjadi staff Logistik…maklum latar belakang saya adalah Teknik Industri jadi saya “buta” mengenai Logistik.

Wikipedia menurut saya memiliki penjelasan yang cukup baik tentang Logistik. Mari kita lihat kutipan penjelasannya sebagai berikut:

Logistik merupakan seni dan ilmu, barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar  dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan.

Berdasarkan pengertian di atas, maka misi logistik adalah “mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit bagi penyedia jasa logistik”.

Karenanya, logistik selalu berkutat dalam menemukan keseimbangan untuk 2 hal yang amatlah sulit untuk disinergikan, yaitu menekan biaya serendah-rendahnya tetapi tetap menjaga tingkat kualitas jasa dan kepuasan konsumen. Dalam dunia bisnis yang selalu berubah, manajemen logistik yang baik merupakan sebuah keharusan.

Kata logistik berasal dari bahasa Yunani logos (λόγος) yang berarti “rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi”. Kata logistik memiliki asal kata dari Bahasa Perancis loger yaitu untuk menginapkan atau menyediakan. Kegunaan asalnya untuk menjelaskan ilmu dari pergerakan, suplai & perawatan dari pasukan militer di lapangan. Nantinya digunakan untuk mendeskripsikan manajemen arus barang di sebuah organisasi, dari barang mentah menjadi barang jadi.

Logistik adalah konsep yang dianggap berevolusi dari kebutuhan pihak militer untuk memenuhi persediaan mereka ketika mereka beranjak ke medan perang dari markas. Pada kekaisaran Yunani, Romawi dan Bizantium kuno, ada perwira militer dengan gelar ‘Logistikas’, yang bertanggung jawab atas distribusi dan pendanaan persediaan perang.

Oxford English Dictionary mendeskripsikan logistik sebagai “the branch of military science relating to procuring, maintaining and transporting material, personnel and facilities.” Definisi lainya adalah “the time-related positioning of resources.” Maka dari itu, logistik biasanya dilihat sebagai cabang umum dari ilmu teknik yang membuat “sistem manusia” bukan “sistem mesin”.

 Kalau saya coba jelaskan dengan singkat dari penjelasan Wikipedia di atas, bisa dikatakan bahwa Logistik adalah manajemen aliran dari suatu tempat ke tempat lainnya.  Masih banyak pengertian Logistik dari beberapa pakar dan ahli, namun menurut saya penjelasan dari Wikipedia tersebut sudah bisa menggambarkan garis besar tentang Logistik. Ke depannya kita akan membahas lebih mendalam lagi mengenai apa itu Logistik.

Saya mengharapkan komentar/masukkan dari pembaca untuk tulisan ini dan silahkan juga follow blog ini jika tertarik. 😉

Advertisements
Categories: Logistik | Tags: | 26 Comments

Post navigation

26 thoughts on “Apa itu Logistik ?

  1. Pingback: Lebih Jauh Tentang Logistik | RinaTnunay

  2. Adel

    Dear mb Rina,
    Logistik berarti barang habis pakai?

  3. Dear Adel, mungkin untuk lebih jelas, kita pakai contoh di kantor Adel. Barang2 bantuan itu adalah barang yang habis pakai. Jadi yang habis pakai itu adalah barangnya bukan logistik-nya. Karena logistik itu merupakan suatu layanan dukungan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang efisien dan efektif terhadap barang, jasa serta informasi dari titik asal sampai ke titik tujuan untuk memenuhi kebutuhan.

  4. Terima kasih banyak atas informasinya mbak rina

  5. @Bali tour: sama2…..

  6. Zz

    Yah copas wikipedia

  7. Hi Zz….iya saya memang mengambil pengertian dari Wikipedia karena seperti yang saya tulis bahwa penjelasan dari Wikipedia itu cukup baik…saya coba untuk membuat kesimpulan sederhana dari penjelasan Wikipedia itu. Anyway, thanks for comment.

    • Kalo kantor logistik adakah? Apakah kantor itu mengurusi jasa kebutuhan masyarakat?

      • Halo Pujiwijayanti,

        Kantor logistik saat ini sudah banyak sekali, dan hampir sebagian besar untuk mengurusi jasa kebutuhan masyarakat. Contoh paling sederhana adalah seperti “ojek online”. Kenapa joek online saya bilang termasuk kantor logistik ? karena mereka mengirimkan orang atau barang dari tempat asal ke tempat tujuan. Jadi perusahaan ojek online itu termasuk perusahaan logitisk.

  8. M. Firdaus

    Menurut Mba Rina bagaimana kita memanagement SDM yang ada supaya sesuai dengan pengertian ini “sistem manusia” bukan “sistem mesin”. Agar bisa menghasilkan “mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit bagi penyedia jasa logistik”.

  9. Bu Rina sebetulnya arti logistik yang sebenarnya apa sih,
    karena saya sudah baca pengertian diatas tapi kurang jelas buat saya

    makasih banyak Ibu

  10. triwanto

    Salam kenal mba,ditempat saya kerja akan dibentuk departemen monitoring pergerakan unit trealer bisa minta sarannya mbak gimana cara kerja yang benar untuk departemen monitoring ini,terimakasih

  11. Basamah Meyana

    Mungkin next time bisa dibuat tulisan mengenai apa faktor yang mendukung logistik berjalan dengan baik. Btw makasih atas infonya

  12. Trimakasih infonya. Oia apakah ada software yg dgnkan oleh staff logistik?

  13. abda

    mantabs

  14. Logistik itu prinsip dasarnya adalah MEMINDAHKAN BARANG; Mereka yg SUKSES memindahkan barang selanjutnya dapat dikategorikan sebagai Pakar atau Ahli memindahkan barang. Bila kegiatan anda sangat erat kaitannya dengan kegiatan ini, maka saya sarankan agar segera saja bergabung menjadi anggota APOLO ( Asosiasi Ahli Pos dan Logistik) sebagai wadah bagi para professional di industri ini.

    VISI dan MISI APOLO adalah menjadikan professi ini menjadi yang terbaik melalui program pendidikan dan pelatihan serta sertifikasi keahlian.

    semoga informasi ini bermanfaat.

  15. kalau sebagai staff karyawan logistik perannya apa/cara kerjanya apa ya mba..??
    terima kasih

    • Halo Lambas…
      Tugas logistik yang utama adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan transport dan pergudangan, bisa dalam kasus tertentu termasuk memastikan suplai atau kebutuhan terpenuhi. Semuanya tergantung perusahaan tempat kerja kamu bergerak di bidang apa. Terima kasih kembali.

  16. biar tau lebih dalam lagi tentang logistik bisa kunjungi http://irfanlogistik99.blogspot.co.id/ dijamin update terus

  17. Saya pernah dengar orang yang menawarkan jasa logistics, jadi itu kira kira sistemnya gimana yah ?

  18. saya pernah ditawari semacam jasa logistics, nah itu jadi sistem perusahaan untuk jasa itu gimana ya ?

  19. dwi susanto

    belajar logistik itu mulainya dr mana dl ya??

    • Halo Dwi….sebenarnya logistik itu intinya cuma dua, masalah transportasi dan pergudangan. Jadi kalo mau belajar, bisa dimulai dari dua hal itu.

  20. halo mbak rina, sepertinya banyak artikel yang berkaitan dengan logistik dan transportasi ya di blog ini.. sukses selalu! salam kenal dari kami, kargoku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: